slider

Menu

Info Terbaru

Lagi, Terobosan Dan Inovasi OD-SK Lobi Luar Negeri Terbukti, Wagub Steven Kandouw "Teken" MoU Bersama Tsunagu Japan Indonesia


MANADO,
sulutberita.comTerus melakukan terobosan dan inovasi, Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondokambey, SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) dalam membawahi Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), terbukti selalu membuahkan hasil positif bagi daerah dan masyarakat.

Salah satu upaya lobi OD-SK terkini, kembali membuka peluang lapangan pekerjaan ke luar negeri bagi masyarakat terlebih bagi generasi muda Sulut, yang hal tersebut diwujudkan melalui kerja sama yang terbangun antara Pemprov Sulut bersama Tsunagu Japan Indonesia.

Melalui Wagub Steven Kandouw pada Selasa 23 Juli 2024 malam tadi, selain menghadiri acara Gala Dinner juga telah melangsungkan penandatangan (teken) kerja sama dengan pihak Tsunagu Japan Indonesia yang berlangsung di Four Point Hotel Manado.

“Gayung bersambut, dengan road map bapak gubernur untuk mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) Sulawesi Utara. Dimana, muaranya ke penciptaan lapangan pekerjaan dengan jalan bekerja di luar negeri,” ungkapnya saat diwawancarai wartawan usai pertemuan tersebut.

Dijelaskannya lagi bahwa, konsep gagasan dari Pemprov Sulut akan dikombinasikan dengan ide-ide yang dimiliki Tsunagu Japan Indonesia, yang didalamnya juga terdapat bagaimana mempersiapkan aspek skill serta kemampuan bahasa dari tenaga kerja, sebab hal tersebut juga menjadi kendala utama yang harus diupayakan bersama.

“Harus kita sama-sama keroyok (upayakan bersama),” sebut Wagub Steven Kandouw yang menambahkan, sebagaimana penyampaian dari Duta Besar Indonesia untuk Jepang (Heri Akhmadi) dalam kegiatan tersebut, bahwa Negeri Sakura membutuhkan sekitar 800 ribu tenaga kerja asing. "Peluang ini pun harus mampu dimanfaatkan oleh tenaga kerja asal Sulawesi Utara," pesannya.

“Acara malam ini sangat penting dan luar biasa. Kami Pemerintah Sulawesi Utara sangat mengapresiasi itu, dan bagi rakyat Sulawesi Utara, anak-anak muda kita, marilah kita mempersiapkan diri dengan baik supaya kalau ada yang mau berminat, ada yang punya keinginan untuk bekerja di luar negeri, mari bergabung dengan Tsunagu di Sulawesi Utara,” pungkas mantan Ketua DPRD Sulut itu.

Diketahui, terkait program magang dan kerja ke luar negeri tersebut, untuk Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tsunagu Japan Indonesia, memiliki kantor pusat di Tondano Kabupaten Minahasa serta telah banyak memberangkatkan peserta magang kerja dari Sulut maupun daerah lain ke Jepang.

Hadir dalam acara Gala Dinner dan Penandatanganan Kerja Sama tersebut diantaranya, Walikota Bitung, Maurits Mantiri. (*/Mild)

Share
Banner

Sulut Berita

Post A Comment:

0 comments: