slider

Menu

Info Terbaru

Bersama KPU Sulut, Ratusan Jurnalis Deklarasikan Sahabat JDIH Untuk Pilkada 2024


MANADO,
sulutberita.comKegiatan Penyuluhan dan Sosialiasi Produk Hukum terkait Pilkada Serentak Gubernur dan Wagub serta Walikota dan Bupati 2024 yang berlangsung selama tiga (3) hari sejak Kamis 15 Agustus hingga Sabtu 17 Agustus 2024 di Luwansa Hotel Manado yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan diikuti ratusan Jurnalis di Sulut itu, juga telah mendeklarasikan Pers Sahabat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan berlangsungnya Pilkada dengan baik.

Adapun pada hari kedua kegiatan (Jumat, 16/07), Deklarasi dan Komitmen Jurnalis JDIH KPU Sulut dibacakan oleh salah satu perwakilan dari 120 wartawan yakni, Martino Limpong kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi dan Komitmen oleh dua perwakilan wartawan dihadapan Komisioner KPU Sulut yang hadir yakni, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, Anggota Meidy Tinangon, Salman Saelangi dan Awaluddin Umbola, dan juga Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh.

Dalam penyampaiannya Poluan, mengapresiasikan apa yang telah dilakukan media terkait kegiatan penyuluhan hukum dan penguatan terkait dengan komitmen bersama untuk memasyarakatkan kerangka hukum pilkada yang bermuara pada penegakan pilkada yang jujur, adil, bebas sesuai dengan azas dalam konstitusi dan prinsip undang-undang penyelenggaraan pemilu dan Pilkada.

“Mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan terutama komitmen yang sudah dibacakan tadi,” ungkapnya yang sekaligus telah menutup kegiatan penyuluhan produk hukum.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sulut Awaluddin Umbola menyampaikan terima-kasih kepada semua teman-teman Pers Sulut yang boleh hadir di kegiatan ini, untuk menyatukan gerak langkah bersama kedepan terkait infomasi hukum kepada masyarakat Sulut secara teknis kaitannya dengan beberapa agenda sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Tentu itu erat juga dengan keterlibatan teman-teman Pers dalam aktivitas.

Umbola juga menyampaikan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) untuk pembentukan media Center KPU Sulut yang saat ini sementara dirampungkan.

“Kami harus mengkonsolidasikan sekitar 200 media untuk masuk bersama-sama dengan kita, memberikan pemberitaan terbaiknya dalam pelaksanaan pilkada. Mungkin dalam waktu dekat setelah semua clear karena sedikit ada pembenahan di media Center KPU Sulut. Dan kalau sudah clear kita akan mengadakan pertemuan bersama lagi dan menyamakan persepsi,” jelas Umbola.

Pada kesempatan tersebut juga Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon dan Salman Saelangi memberikan apresiasi kepada insan pers yang sudah hadir serta mendeklarasikan Pers Sahabat JIDH KPU Sulut.

Menurut Tinangon dan Saelangi, sahabat JIDH KPU Sulut ini akan bermanfaat untuk sinergitas KPU dan Pers. ” Mari kita bersinergi,” ujar mereka berdua. (Mild/*)

Share
Banner

Sulut Berita

Post A Comment:

0 comments: