slider

Menu

Info Terbaru

Serentak Di Indonesia, ANBK SMK/SMA Di Sulut Dibuka Wagub Steven Kandouw Diikuti 420 Sekolah


TOMOHON,
sulutberita.com"Apalah artinya walaupun sarana prasarana bagus dan lengkap, tapi kualitas anak didik sangat rendah. Serta, ibarat orang di kapal di lautan harus punya tujuan arah kemana akan pergi". Demikian penggalan kalimat penuh makna yang disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw saat sambutan pembukaan kegiatan pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) di Tingkat SMK/SMA (Sederajat) se-Provinsi Sulut yang di pusatkan di SMK Negeri 1 Tomohon, pada Senin 19 Agustus 2024.

Dirinya pun meminta, agar ANBK harus diseriusi dengan mengajak para guru untuk meningkatkan kapabilitas kemampuan dalam memberikan pengajaran.

"Semuanya juga kembali pada para siswa. Karena, apabila kalian tulus punya integritas, tekad dan semangat, maka jalan akan terbuka. Janganlah berpikir nanti dan nanti! Karena kalau ingin kualitas kalian diatas rata-rata, mulai sekarang kalian harus konsentrasi belajar dan kalian harus selalu punya tekad semangat dan punya target hidup," sebut Kandouw.

Kegiatan ujian (ANBK) yang diketahui berlangsung secara serentak nasional di Indonesia itu, untuk di Provinsi Sulut diikuti 420 SMK/SMA dengan cara mengerjakan sejumlah soal Objektif dan Non Objektif yaitu, pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat untuk Objektif dan soal uraian untuk Non Objektif.

Selain itu, wagub juga mengingatkan kepada para siswa akan sejumlah hal penting yakni, selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal, harus tetap bekerja, hindari hal-hal negatif yang akan menjadi sampah masyarakat, jangan memakai narkoba dan alkohol.

"Kalian guru dan siswa harus punya tekad dan sama-sama untuk maju guna meningkatkan kualitas pendidikan di Sulut agar lebih baik kedepan," pesan Wagub Steven Kandouw yang saat itu didampingi Walikota Tomohon Caroll J A Senduk, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Denny Mangala.

Diketahui, program ANBK Kemendikbud tersebut telah ada sejak tahun 2021 sebagai pengganti dari Ujian Nasional sekaligus penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan. Dengan tujuan, untuk meningkatkan mutu pendidikan. ANBK dijalankan dengan memotret masukan, proses, dan luaran dari pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, dengan menitik fokuskan tujuannya, untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. ANBK sendiri tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, melainkan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang telah disebut sebelumnya yakni berupa input, proses, dan output.

Turut hadir pula, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Femmy Suluh serta Staf Khusus Gubernur Bidang Pendidikan, Anne Dondokambey, Kabid SMK Vecky Pangkerego, Kabid SMA Sri Ratna Pasiak, Kacabdin Tomohon- Minahasa, Kepala SMKN 1 Tomohon Ainun M Saleh, beserta para guru dan siswa/siswi.

Adapun kegiatan pembukaan ANBK itu juga dirangkaikan dengan peresmian Gedung Teaching Factory Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Job Fair, serta Gelar Karya di Tomohon. (Mild/*)

Share
Banner

Sulut Berita

Post A Comment:

0 comments: