slider

Menu

Info Terbaru

Targetkan Pemilih Pemula Dan Muda, KPU Sulut: Pilkada Berkualitas, Sosialisasi Tuntas, Pemilihan Cerdas


MINAHASA,
sulutberita.com -Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 dengan mengusung tema "Pilkada Berkualitas, Sosialisasi Tuntas, Pemilihan Cerdas" yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu 29 September 2024, bertempat di Aula Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulut di Pineleng, Kabupaten Minahasa, berlangsung sukses.

Sosialiasi yang menargetkan para pemilih pemula dan pemilih muda yang tergabung dalam Yayasan Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman dihadiri kurang lebih 250 peserta itu pun, oleh dibuka Anggota KPU Sulut, Lanny Ointu.

Dalam sambutannya Albert Sihombing selaku pendiri Yayasan Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman menjelaskan bahwa, yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 2022 itu salah satu tujuannya agar tercipta pelaksanaan pilkada yang berkualitas.

Lanjutnya, Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman tersebut secara aktif telah mengkampanyekan terkait, tanpa hoax, ekstrimisme, serta politik identitas, dengan membangun semangat kebangsaan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu atau berkontribusi bersama KPU dalam rangka sosialisasi untuk mewujudkan pemilih yang cerdas dan berkualitas," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Teddy Manueke menyampaikan ucapan terima kasihnya baik kepada Yayasan Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman dan KPU Sulut yang telah bekerjasama dalam upaya melatih, mendidik, meliterasi para pemuda di Sulawesi Utara untuk berperan serta didalam membangun dan membela negara salah satunya melalui sosialisasi ini.

Adapun melalui Anggota KPU Sulut Lanny Ointu mengungkapkan bahwa KPU saat ini tengah berjalan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, terakhir kami telah telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Penetapan Calon Kepala Daerah di Sulawesi Utara oleh karena itu penting untuk memastikan masyarakat terinformasi tahapan demi tahapan terkait penyelenggaran Pilkada 2024.

“Untuk itu KPU mengharapkan bantuan teman-teman untuk menjadi duta Mensiarkan kepada masyarakat luas terkait Tahapan Pemilihan Kepala Daerah, Peran kalian saat ini sangat penting dalam menyiarkan informasi- informasi melalui media sosial apalagi ditengah gempuran berita hoax dan black campaign," terangnya dengan mengajak para peserta untuk turut serta menjadi bagian dari proses penyelenggaran Pilkada dengan mendaftar menjadi anggota KPPS.

"Tahapan perekrutan KPPS sementara bergulir jadi bila para mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dipersilahkan untuk mendaftar sebagai petugas KPPS, hal ini mengingat jumlah kebutuhan petugas KPPS di Sulawesi Utara itu cukup besar. Dalam proses pelaksanaannya juga kami akan membekali para petugas KPPS terkait mekanisme pemungutan Suara melalui Bimbingan Teknis yang diberikan," terang Ointu.

Pada kegiatan tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber yakni dari Akademisi, Drevy Malalantang. (*/Mild)

Share
Banner

Sulut Berita

Post A Comment:

0 comments: